Tips Mengatasi Blue Screen Pada Komputer atau Laptop

Tips Mengatasi Blue Screen baik pada Komputer maupun Laptop banyak dicari di internet bahkan saya sendiri ketika mengalami hal tersebut selalu bertanya ke Emabah Google.

Di internet sudah banyak di bahas tentang hal tersebut tetapi dari postingan di internet ada yang bisa mengatasi Blue Screen adapula tidak sesuai dengan apa yang kita cari, sebab Tips dan Trik yang mereka mungkin tidak bisa digunakan oleh kita.

Bahkan Tips yang saya berikan ini juga mungkin saja bisa menolong sahabat setia blog Tips dan Trik Komputer, di sini saya tidak menjamin 100% dari Tips yang saya gunakan ini untuk mengatasi Blue Screen yang selama ini yang sering kita temukan pada Komputer maupun Laptop.

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut alangkah baiknya kita mengetahui apa sih penyebab blue Screen Pada komputer atau laptop

Jika kita sudah mengetahui penyebabnya baru kita lanjutkan ke pokok pembahasan bagaimana Tips mengatasinya.
Cara Mengatasi Layar Hitam pada Laptop Windows 10

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7


Penyebab Blue Screen salah satunya adalah adanya kerusakan pada sistem operasi windows yang kita gunakan baik Windows 7 maupun Windows 10 atau sejenisnya, Jika penyebabnya adalah ada kesrusakan dalam OS silahkan Anda Install ulang OS nya, saya sarankan silahkan gunakan Windows Original 

Salah satu mengatasi Blue Screen Pada Komputer atau Laptop dengan cara Install ulang Operating System nya, silahkan sobat coba.

Selain mengenal penyebab Blue Screen Pada Komputer atau Laptop Kita akan melihat apa saja ciri-ciri blue screen yang sering terjadi kita temuai, berkut adalah ciri-ciri Blue Screen Pada Komputer atau Laptop :

Muncul peringatan " IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A) " 

Pada keterangan tulisan di atas kemungkinan besar diakibatkan karena terjadi masalah Driver yang Konflik atau tidak cocok yang anda pasang pada Komputer atau Laptop sobat. 

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mencoba Install ulang atau bisa juga mengganti driver VGA (Video Card), dan apabila sobat sudah berhasil menginstali ulang, Driver VGA bisa sobat Download sesuai dengan merk/model yang digunakan dalam komputer atau laptop sobat.

Bagaimana Cara melihat model/type komputer atau laptop sobat ?


Untuk melihat model/type laptop silakan sobat ketik "dxdiag" pada kotak search yang ada di bawah sebelah kiri, silahkan Klik Office Buton, lebih jelanya lihat gambar di bawah ini :

Gambar Ilustrasi : Penulisan dxdiag

Dari langkah yang dilakukan di atas untuk mengetahui Model atau Tipe Hardware atau Software Komputer / Laptop sobat adalah tampilannya kurang lebih seperti gambar di bawah ini :

Gambar : Tampilan Detail dari dxdiag

Yang harus diperhatikan dalam penggunaan program yang dipasang pada Komputer/Laptop sobat jangan terlalu banyak menggunakan program yang sama atau serupa pada Laptop atau Komputer.

Alangkah baiknya unistall software/program yang tidak banyak digunakan dengan ukuran besar atau rendah.

Blue Screen yang terjadi biasanya terdapat kesalahan dalam Driver Audio (Audio Card) cari software Audio yang cocok dengan Komputer atau Laptop sobat. 

Jika Blue Screen yang muncul pada Komputer atau Laptop sobat seperti yang saya tuliskan di bawah ini :

NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024)
NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000023)

Maka kemungkinan besar masalah pada kasus di atas adalah disebabkan oleh ada gangguan pada partisi Harddisk atau bisa juga terjadai pada pemasangan harddisk, solusinya silahkan anda periksa pemasangan kabel SATA atau ATA Harddisk anda.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10


Sebenarnya sama saja masalahnya seperti pada blue screen pada windows 7, tetapi cara mengatasinya ada perbedaan sedikit.

1. Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Cara Menghapus Aplikasi

Langkah pertama ini kita harus bisa mencurigai aplikasi yang pernah kita install, dan apabila setelah anda install aplikasi.

Laptop/ komputer anda ada keanehan, maka alangkah baiknya Unistall Aplikasi terakhir yang anda pasang.

Mungkin saja pada aplikasi yang anda install sudah terinfeksi virus, sebelum anda memastikan aplikasi tersebut, alangkah baiknya scant terlebih dahulu menggunakan anti virus.

2. Update Driver VGA

Coba anda periksa driver vga, mungkin saja membutuhkan update terbaru, sebenarnya langkah ini bisa anda lakukan dengan cara update dan unistall.

Tetapi sebelum anda memutuskan unistall driver vga, pastikan anda sudah mempunya software vga yang anda gunakan.

Saran dari saya, Update Drive VGA saja dulu, apabila tidak berhasil maka silahkan putuskan untuk Unistall Drive VGA.

Anda jangan kewatir dengan driver vga yang anda gunakan, sekarang di internet sudah banyak software yang kompatibel ko...

3. Hapus File Temporary

Nah... pastikan anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan file temporary. File ini sering di sebut File temp atau file cache.

Bahkan file ini lebih dikenal sebagai file sebagai junk. File junk adalah kumpulan file yang secara otomatis muncul di saat Windows digunakan.

Sebenarnya file temp berfungsi untuk mempercepat kinerja sistem yang ada pada komputer. terkadang file ini bisa mengakibatkan Windows 10 terjadi blue screen.

Bagaimana cara menghapus file temporary ini?

  • Buka CMD dengan cara menekan tombol Windows + R pada Keyboard
  • Kemudian pada kolom CMD yang tampil silahkan ketikan “temp“, kemudian klik OK
  • Selanjutnya silahkan hapus semua folder dan file yang ada di direktori Temp tersebut 

4. Update Sistem Windows 10

Silahkan anda coba untuk mengatasi blue screen windows 7 dan mengatasi blue screen windows 10 dengan cara update sistem windows.

Hal ini bisanya bisa mengatasi permasalah pada komputer / laptop anda, sebelumnya siapkan paket data internet, jangan sampai ketika Update Windows, paket data anda kehabisan.

5. Cek Suhu Komponen

Cara kelima ini kita tidak bermain lagi dengan sistem, melainkan kita akan mengidentifikasi bagian hardware komputer/laptop kita.

Pastikan anda mengetahui suhu koputer anda tentunya kalian harus memastikan bahwa suhu tidak berlebihan panasanya.

Sebab hal ini biasanya sering mengakibatkan blue screen, karena panas berlebihan, silahkan gunakan kipas pendingin pada komputer/ laptop anda.

Sebenarnya masih banyak lagi yang muncul ketika Blue Screen terjadi pada Komputer atau Laptop kita, 

Intinya dari permasalahan Blue Screen tersebut kita harus benar-benar memperhatikan keterangan yang muncul ketika Blue Screen terjadi pada komputer atau laptop kita.

Jangan sekali-kali mengabaikannya, terkadang kita mengabaikannya sehingga solusi mengatasinya kebingungan.

Advertising
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:46:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.