Pengertian Sistem Komputer

Pengertian Sistem Komputer - Penggunaan komputer sekarang jauh lebih mudah dibandingkan dengan pemakaian komputer pada zaman dulu. 

Untuk mengoperasikan komputer sekrang kita hanya menggerakan mouse dan menggunakan keyboard untuk melakukan data yang perlu diketik.

Bahkan komputer/laptop jaman sekarang sudah tersedia layar sentuh atau touchpad. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.


Pengertian Sistem Komputer
Pengertian Sistem Operasional

Ini tentunya sangat sangat berbeda dengan komputer zaman dulu dioperasikan dengan menggunakansistem operasi DOS (Disk Operating System). 

Pengertian Sistem Komputer


Pada sistem operasi ini komputer masih dioperasikan dengan basis teks. Untuk memberikan perintah pada sistem operasi dilakukan dengan mengetikkan kata-kata atau teks.

1. Sejarah Sistem Operasi

Seperti kita ketahui, sistem operasi yang umum digunakan oleh kebanyakan komputer, terdiri dari 3 kelompok, yaitu kelompok Microsoft Windows, Kelompok Unix dan Kelompok Mac OS.

Sistem Operasi Berbasis Windows


QDOS (QUICK and Dirty Operating System) merupakan asal usul dari Windows. QDOS ditulis oleh Tim Paterson dari Seattle Computer pada Tahun 1980. 

QDOS dibuat dari OS terkenal pada masa itu. QDOS dirancang untuk prosesor Intel 8086. Kemudian Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS untuk dikembangkan dan menjualnya lagi ke berbagai perusahaan komputer. 

Pada tahun 1981 Microsoft memberi nama MS-DOS, sedangkan yang dijual ke perusahaan komputer IBM diberi nama PC-DOS oleh IMB. MS. DOS inilah yang terus berkembang hingga menjadi Windows Vista.

Sistem Operasi Berbasis Linux


Pada tahun 191 di Finlandia, seorang mahasiswa Ilmu Komputer bernama Linus Tovald berhasil mengembangkan OS berbasis Unix dari sistem operasi Minux diberi nama Linux. 

Pada bulan Agustus 1991, lahirlah Linux 0.01 oprekan Linux dan pada tanggal 5 Oktober 1991 secara resmi Linux mengumumkan Linux 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiller. 

Hingga saat ini Linux lebih berkembang pesat, karena OS-nya yang free, Linux juga sebagai salah-satunya OS yang berbasis Open Source yang dapat dimodifikasi oleh siapa saja yang ingin mengembangkan Linux. 

Hingga lahirlah berbagai OS berbasis Linux, seperti Fedora Core, Ubuntu, Mandrake, dan lain-lain. Bahkan pada Tahun 2002 di Indonesia sendiri juga lahir berbagai OS buatan anak negeri berbasis Linux bermunculan, di antaranya Trustix Merdeka, WinBi, Rimba Linux, Komura.

Sistem Operasi Berbasis Macintosh


Macintosh Operating System (MAC OS) merupakan sistem komputer yang dibuat oleh Apple. Apple yang sebelumnya bernama Apple Computer Inc adalah sebuah perusahaan silicon valley yang bergerak di bidang komputer.

MAC OS merupakan OS yang pertama menggunakan system GUI (Graphical User Interface). Pada pemakai komputer begitu takjub melihat Macintosh yang sangat ramah melayani pemakai. 

Pemakai tidak perlu banyak menulis perintah, cukup menunjukan gambar yang ada. Mac OS dibuat khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IMB.

Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompabilitas dengan arsistektur PowerPC maupun X86.

Fungsi dari Sistem operasi, seperti manajemen dalam perusahaan yang harus mengelola berbagai sumber daya perusahaan. 

Oleh karena itu, sistem operasi harus melakukan kegiatan-kegiatan manajemen memori (memory management), manajemen alat pengolah (processor management), manajemen informasi (information management), manajemen alat-alat I/O (device management).

Sekarang sistem komputer telah mampu mengelola sejumlah kegiatan sekaligus. Sistem operasi memiliki 3 macam fungsi yaitu fungsi alokasi sumber-sumber daya, fungsi penjadwalan sumber-sumber daya, dan fungsi pengawasn terhadap aktivitas sistem komputer.

Ketiga fungsi-fungsi tersebut terdiri dari multitasking, multiprogramming, time sharing dan multiprocessing.
  1. Multitasking, memungkinkan beberapa program sekaligus dilakukan dan diproses pada saat bersamaan pada sebuah komputer dengan pemakai tunggal.
  2. Multiprogramming, pada sistem perangkat lunak komputer, memungkinkan beberapa program dapat menggunakan sumber-sumber daya komputer secara bersamaan bergantian pada waktu yang sama.
  3. Time Sharing, memungkinkan beberapa pemakai komputer menggunakan CPU secara bersamaan dan CPU akan memberikan waktunya secara bergantian kepada setiap pemakai untuk memproses proramnya. Time Sharing ini membagi waktu CPU dengan sangat cepat.
  4. Multiprocessing, memungkinkan beberapa CPU bekerja sama secara parallel dalam satu sistem komputer. Kemudian sistem operasi dapat membagi beberapa pekerjaan ke beberapa CPU untuk diproses seerentak. Multiprocessing menggunakan beberapa CPU dengan sangat cepat.

2. Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya Operating system atau sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem

Termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Secara umum

Sistem operasi adalah perangkat lunak atau software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyatakan. 

Sedangkan perangkat lunak lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunak-perangkat lunak itu.

Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, scheduling task dan antar muka user. 

Sehingga masing-masing perangkat lunak tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi.

Adapun sistem operasi tersebut bersifat multiuser, yaitu dapat digunakan oleh banyak pengguna dan multiuser yaitu dapat digunakan oleh banyak pengguna dan multitasking, yaitu dapat melakukan banyak tugas.

Secara umum sistem operasi digunakan untuk :

  • Mengatur seluruh proses kerja komputer
  • Menerjemahkan masukkan data 
  • Melakukan pengaturan proses internal komputer
  • Memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian dengan pemprosesan komputer.
Sistem Operasi terdiri dari dua bagian yaitu control program dan user interface. 

Bagian sistem operasi yang berupa control program terdiri dari dua bagian yaitu yang tersimpan pada ROM disebut resident program atau resident routine

Sedangkan bagian control program yang tersimpan pada disk disebut dengan transient program atau transient routine.

Control program yang tersimpan pada ROM biasa disebut Disk Operating System atau DOS. Control program yang tersimpan pada ROM biasa disebut dengan nama BIOS atau Basic Input Output System dan bootstrap program.

Mungkin sekian postingan kali ini yang bisa kami bagikan tentang pengertian sistem komputer, semoga bermanfaat. Terimakasih

Advertising
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 8:54:00 PM

2 komentar:

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.